Halaman

Filled Under:

SURAH AL-BAQARAH: AYAT-81-90 (JUS-1)

بَلَى مَن كَسَبَ سَيِّئَةً وَّاَحَاطَت بِهِ خَطِيئَتُهُ فَاُولَئِكَ اَصحَبُ النَّارِهُم فِيهَا خَلِدُونَ
(81) bukan demikian! barang siapa yang berbuat keburukan,dan dosanya telah menenggelamkannya, maka mereka itu penghuni neraka.mereka kekal di dalamnya.
وَالَّذِينَ آمَنُواوَعَمِلُواالصَّلِحَتِ اُولَئِكَ اَصحَبُ الجَنَّةِ هُم فِيهَا خَلِدُونَ
(82) dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan,mereka itu penghuni surga.mereka kekal di dalamnya.
وَاِذاَخَذنَا مِيثَاقَ بَنِى اِسرَآءِِيلَ لاَتَعبُدُونَ اِلاَّاللَّهَ وَبِالوَالِدَينِ اِحسَانًاوَّدِى القُربَى وَاليَتَمَى وَالمَسَكِينِ وَقُولُوالِنَّاسِ خُسنًا وَّاَقِيمُواالصَّلَوةَ وَآتُواالزَّكَوةَ ثُمَّ تَوَلَّيتُم اِلاَّقَلِيلاًمِّنكُم وَاَنتُم مُّعرِضُونَ
(83) dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari bani israil,''janganlah kamu menyembah selain allah, dan berbuat baeklah kepada kedua orang tua,kerabat,anak-anak yatim, dan orang-orang miskin.dan bertuturkatalah yang baek kepada manusia,laksanakanlah solat dan tunaikanlah zakat.''tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari),kecuali sebagian kecil dari kamu,dan kamu (masih menjadi) pembangkang.
وَاِذاَخَذنَا مِيثَاقَكُم لاَتَسفِكُونَ دِمَآءَكُم وَلاَتُخرِجُونَ اَنفُسَكُم مِّن دِيَارِكُم ثُمَّ اَقرَرتُم وَاَنتُم تَشهَدُونَ
(84) dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji kamu,''janganlah kamu menumpahkan darahmu (membunuh orang),dan mengusir dirimu (saudara sebangsamu) dari kampung halamanmu.''kemudian kamu berikrar dan beraksi.
ثُمَّ اَنتُم هَؤُلآءِ تَقتُلُونَ اَنفُسَكُم وَتُخرِجُونَ فَرِيقًامِّنكُم مِّن دِيَارِهِم تَظَهَرُونَ عَلَيهِم بِالاِثمِ وَالعُدوَانِ وَاِيَّأ تُوكُم اُسَرَى تُفَدُوهُم وَهُوَ مَحَرَّمٌ عَلَيكُم اِخرَاجُهُم اَفَتُؤمِنُونَ بِبَعضِ الكِتَبِ وَتَكفُرُونَ بِبَعضٍ فَمَا جَزَآءُ مَنيَفعَلُ ذَلِكَ مِنكُم اِلاَّ خِزيٌ فِى الحَيَوةِ الدُّنيَا زَيَومَ القِيَمَةِ يُرَدُّونَ اِلَى اَشَدِّ العَذَابِ وَمَااللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعمَلُونَ
(85) kemudian kamu (bani israil)  membunuh dirimu (sesamamu),dan mengusir segolongan dari kamu dari kampung halamannya.kamu saling membantu (menghadapi) mereka dalam kejahatan dan permusuhan.dan jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan,kamu tebus mereka,padahal kamu di larang mengusir mereka.apakah kamu beriman kepada sebagian kitab (taurat) dan ingkar kepada sebagian (yang lain)?  maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia,dan pada hari kiamat mereka  di kembalikan kepada azap yang paling berat.dan allah tidak langah  terhadap apa yang kamu kerjakan.
اُولَئِكَ الَّذِينَ اشتَرَوُاالحَيَوةَ الدُّنيَا بِالآخِرَةِ فَلاَ يُخَفَّفُ عَنهُمُ العَذَبُ وَلاَهُم يُنصَرُونَ
(86) mereka itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat.maka tidak akan diringankan azapnya  dan mereka tidak akan di tolong.
وَلَقَد آتَينَا مُوسَى الكِتَبَ وَقَفَّينَا مِن بَعدِهِ بِالرٌّسُلِ وَاَتَينَا عِيسَى ابنَ مَريَمَ البَيِّنَتِ وَاَيَّدنَهُ بِرُوحِ القُدُسِ اَفَكُلَّمَا جَآءَكُم رَسُولٌ بِمَالاَ تَهوَى اَنفُسَكُمُ استَكبَرتُم فَفَرِيقًا كَذَّبتُم وَفَرِيقًا تَقتُلُونَ
(87) dan sungguh kami telah memberikan kitab (taurat) kepada musa,dan kami susulkan setelahnya  dengan rasul-rasul ,dan kami telah berikan kepada isa putra maryam bukti-bukti kebenaran serta kami perkuat dia  dengan rohulkudus (jibril) .mengapa setiap rasul yang datang kepadamu (membawa) sesuatu (pelajaran) yang kamu tidak inginkan,kamu menyombongkan diri,lalu sebagian kamu dustakan dan sebagian kamu bunuh?
وَقَالُوقُلُوبُنَا غُلفٌ بَل لَّعَنَهُمُ اللَّهُ بِكُفرِهِم فَقَلِيلاً مَّايُؤمِنُونَ
(88) dan mereka berkata,hati kami tertutup.''tidak! allah telah melaknat mereka itu karena keingkaran mereka,tetapi sedikit sekali mereka yang beriman.
وَلَمَّاجَآءَهُم كِتَبٌ مِّن عِندِاللَّهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُم وَكَانُوا مِن قَّبلُ يَستَفتِحُونَ عَلَى الَّذِينَ كَفَرُوا فَلَمَّا جَآءَهُم مَّا عَرَفُوا كَفَرُوا بِهِ فَلَعنَةُ اللَّهِ عَلَى الكَفِرِينَ
(89) dan setelah sampai kepada mereka kitab (Al-Qur'an)  dari allah  yang membenarkan apa yang ada pada mereka sedangkan sebelumnya mereka memohon kemenangan atas orang-orang kafir,ternyata setelah sampai kepada mereka apa yang telah mereka ketahui itu,mereka mengingkarinya.maka laknat allah bagi orang-orang yang ingkar.
بِئسَمَااشتَرَوابِهِ اَنفُسَهُم اَن يَكفُرُوا بِمَا اَنزَلَ اللَّهُ بَغيًا اَن يُّنَزَّلَ اللَّهُ مِن فَضلِهِ عَلَى مَن يَّشَآءُ مِن عِبَدِهِ فَبَآءُو بِغَضَبٍ عَلَى غَضَبٍ وَلِلكَفِرِينَ عَذَابٌ مُّهِينٌ
(90)  sangatlah buruk (perbuatan) mereka menjual dirinya,dengan mengingkari apa yang di turunkan allah,karena dengki bahwa allah menurunkan karunianya kepada siapa yang dia kehendaki di antara hamba-hambanya karena itulah mereka menanggung kemurkaan demi kemurkaan.dan kepada orang-orang kafir (ditimpakan) azap yang menghinakan.

Copyright @ 2013 zeinblogger.