Halaman

Filled Under:

SURAH AL-BAQARAH : AYAT :171-180 (JUS-2)

وَمَثَلُ الَّذِينَ كَفَرُوا كَمَثَلِ الَّذِى يَنعِقُ بِمَا لاَيَسمَعُ اِلاَّدُعَآءًوَّنِدَآءًصُمٌّ بُكمٌ عُميٌ فَهُم لاَيَعقِلُونَ
(171) dan perumpaan bagi (penyeru) orang yang kafir adalah seperti (pengembala) yang meneriaki (binatang) yang tidak mendengar selain panggilan dari teriakan. (mereka),tuli bisu dan buta,maka mereka tidak mengerti.
يَآيُّهَا الَّذِينَ اَمَنُوامِن طَيِّبَتِ مَارَزَقنَكُم وَاشكُرُوالِلَّهِ اِن كُنتُم اِيَّاهُ تَعبُدُونَ
(172) wahai orang-orang yang beriman! makanlah dari rezeki yang baek yang kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada allah,jika kamu hanya menyembah kepadanya.
اِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيكُمُ المَيتَةَ وَالدَّمَ وَلَحمَ الحِنزِيرِ وَمَآ اُهِلَّ بِهِ لِغَيرِاللَّهِ فَمَنِ اضطُرَّ غَيرَ بَاغٍ وَّلاَعَادٍ فَلاَ اِثمَ عَلَيهِ اِنَّ اللَّهَ غَفُورٌرَّحِيمٌ
(173) sesungguhnya dia hanya mengharamkan atasmu bangkai,darah,daging babi,dan (daging) hewan yang di sembelih dengan (menyebut nama) selain allah.tetapi barang siapa terpaksa (memakannya),bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas,maka tidak ada dosa baginya.sungguh,allah maha pengmpun,maha penyayang.
اِنَّ الَّذِينَ يَكتُمُونَ مَآاَنزَلَ اللَّهُ مِنَ الكِتَبِ وَيَشتَرُونَ بِهِ ثَمَنًا قَلِيلاً اُولَئِكَ مَايَا كُلُونَ فِى بُطُونِهِم اِلاَّالنَّاروَلاَيُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَومَ القِيَمَةِ وَلاَيُزَكِّيهِم وَلَهُم عَذَابٌ اَلِيمٌ
(174) sungguh,orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah di turunkan allah,yaitu kitab,dan menjualnya dengan harga murah,mereka hanya menelan api neraka kedalam perutnya, dan allah tidak akan menyapa mereka di hari kiamat,dan tidak akan menyucikanmereka.mereka akan mendapat azap yang sangat pedih.
اُولَئِكَ الَّذِينَ اشتَرَوُاالضَّلَلَةَ بِالهُدَى وَالعَذَابَ بِالمَغفِرَةِ فَمَآ اَصبَرَهُم عَلَى النَّارِ
(175) mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan azap dengan ampunan.maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!
ذَلِكَ بِاَنَّ اللَّهَ نَزَّلَ الكِتَبَ بِالحَقِّ وَاِنَّ الَّذِينَ اختَلَفُوا فِى الكِتَبِ لَفِى شِقَاقٍ بَعِيدٍ
(176) yang demikian itu karena allah telah menurunkan kitab (Al-Qur'an) dengan (membawa) kebenaran,dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (kebenaran) kitab itu,mereka dalam perpecahan yang jauh.
لَيسَ البِرَّاَن تُوَلُّواوُجُو هَكُم قِبَلَ المَشرِقِ وَالمَغربِ وَكِنَّ البِرَّ مَن اَمَنَ بِاللَّهِ وَاليَومِ الاَخِرِ وَالمَلَئِكَةِ وَالكِتَبِ وَالنَّبِيِّنَ وَاَتَى المَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِالقُربَى وَاليَتَمَى وَالمَسَكِينَ وَابنَ السَّبِيلِ وَالسَّآئِلِينَ وَفِى الرِّقَابِ وَاَقَامَ الصَّلَوةَ وَاَتَى الزَّكَوةَ وَالمُوفُونَ بَعَهدِهِم اِذَا عَهَدُوا وَالصَّبِرِينَ فِى البَأسَآءِ وَالضَّرَّءِ وَحِينَ البَأسِ اُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَاُولَئِكَ هُمُ المُتَّقُونَ
(177) kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan ke barat,tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada allah,hari akhir,malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang di cintainya kepada kerabat,anak yatim,orang-orang miskin,orang-orang yang dalam perjalanan (musafir),peminta-peminta,dan untuk memerdekakan hamba sahaya,yang melaksanakan solat dan menunaikan zakat,orang-orang yang menetapi janji apa bila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan,penderitaan dan pada masa peperangan.mereka itulah orang-orang yang benar,dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.
يَاَيُّهَا الَّذِينَ اَمَنُوا كُتِبَ عَلَيكُمُ القِصَاصُ فِى القَتلَى اَلحُرُّ بِالخُرِّ وَالعَبدُ بَالعَبدِ وَالاُنثَى بِالاُنثَى فَمَن عُفِيَ لَهَ مِن اَخِيهِ شَيءٌ فَاتِّبَاعٌ بِالمَعرُوفِ وَاَدَآءٌ اِلَيهِ بِاِحسَانٍ ذَلِكَ تَخفِيفٌ مِّن رَّبِّكُم وَرَحمَةٌ فَمَنِ اعتَدَى بَعدَذَلِكَ فَلَهُ عَذَابٌ اَلِيمٌ
(178) wahai orang-orang yang berian! diwajibkan atas kamu (melaksanakan) qisas  berkenaan dengan orang-orang yang di bunuh.orang merdeka dengan orang merdeka,hamba sahaya dengan hamba sahaya,perempuan dengan perempuan.tetapi barang siapa memperoleh maaf dari saudaranya,hendaklah dia mengikutinya dengan baek,dan membayar dia (tebusan) kepadanya dengan baek (pula).yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari tuhanmu. barang siapa melampaui batas setelah itu,maka ia akan mendapat azap yang sangat pedih.
وَلَكُم فِى القِصَاصِ حَيَوةٌ يَّاُولِى الاَلبَابِ لَعَلَّكُم تَتَّقُونَ
(179) dan dalan qisas itu ada (jaminan) kehidupan bagimu,wahai orang-orang yang berakal,agar kamu bertakwa.
كُتِبَ عَلَيكُم اِذَا حَضَرَ اَحَدَكُمُ المَوتُ اِن تَرَكَ خَيرَا نِ الوَصِيَّةُ لِلوَالِدَينِ وَالاَقرَبِينَ بِالمَعرُفِ حَقًا عَلَى المُتَّقِينَ
(180) diwajibkan atas kamu,apa bila maut hendak menjemput seseorang di antara kamu,jika ia meninggalkan harta,berwasiat untuk kedua orang tua dan karib kerabat dengan cara yang baik,(sebagai) kewajiban bagi orang-orang yang bertakwa.

Copyright @ 2013 zeinblogger.