Halaman

Filled Under:

SURAH AL-BAQARAH-AYAT-106-120:(JUS-1)

مَانَنسَخ مِن اَيَةٍ اَونُنسِهَا نَأتِ بِخَيرٍ مِّنهَا اَومِثلِهَا اَلَم تَعلَم اَنَّ اللَّهَ عَلَ كُلِّ شَيءٍقَدِيرٌ
(106)  ayat yang kami batalkan atau kami hilangkan dari ingatan,pasti kami ganti dengan yang lebih baek,atau yang sebanding dengannya.tidakkah kamu tahu bahwa allah maha kuasa atas segala sesuatu?.
اَلَم تَعلَم اَنَّ اللَّهِ لَهُ مُلكُ السَّمَوَتِ وَالآرضِ وَمَالَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ مِن وَّلِىِّ وَّلاَنَصِيرٍ
(107) tidakkah kamu tahu bahwa allah memiliki kerajaan langit dan bumi?dan tidak ada bagimu pelingdung dan penolong selain allah.
اَم تُرِيدُنَ اَن تَسئَلُوا رَسُولَكُم كَمَا سُئِلَ مُوسَى مِن قَبلُ وَمَيَّتَبَدَّلِ الكُفرَ بِالاِيمَانَ فَقَد ضَلَّ سَوَآءَ السَّبِيلِ
(108) ataukah kamu hendak meminta kepada rasulmu (muhammad) seperti halnya musa (pernah) di minta (bani israil) dahulu? barang siapa mengganti iman dengan kekafiran,maka sungguh,dia telah tersesat dari jalan yang lurus.
وَدَّكَثِيرٌ مِّن اَهلِ الكِتَبِ لَويَرُدُّونَكُم مِّن بَعدِ اِيمَانِكُم كُفَّارً حَسَدًامِّن عِندِ اَنفُسِهِم مِّن بَعدِ مَاتَبضيَّنَ لَهُمُ الحَقُّ فَاعفُواوَاصفَحُوا حَتَّى يَأتِيَ اللَّهُ بِاَمرِهِ اِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَىءٍقَدِيرٌ
(109) banyak diantara ahli kitab menginginkan sekiranya mereka dapat mengembalikan kamu setelah kamu beriman,menjadi kafir kembali,karena rasa dengki dalam diri mereka,setelah kebenaran jelas bagi mereka. maka maafkanlah dan berlapang dadalah,sampai allah memberikan perintahnya.sungguh,allah maha kuasa atas segala sesuatu.
وَاَقِيمُواالصَّلَةَ وَاَتُواالزَّكَوةَوَمَا تُقَدِّمُوالاَِنفُسِكُم مِّن خَيرٍ تَجِدُوهُ عِندَاللَّهِ اِنَّ اللَّهَ بِمَاتَعمَلُونَ بَصِيرٌ
(110) dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat..dan segala kebaekan  yang akmu kerjakan untukmu, kamu akan mendapatkan (pahala)  di sisi allah.sungguh,allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.
وَقَالُوا  لَن يَّد خُلَ الجَنَّةَ اِلاَّ مَن  كَانَ هُودًا اَونَصَرَى تِلكَ اَمَانِيُّهُم قُل هَتُوا بُرهَانَكُم اِن كُنتُم صَدَقِينَ
(111)  dan mereka (yahudi dan nasrani) berkata,'' tidak akan masuk surga kecuali orang yahudi dan nasrani'' itu (hanya) angan-angan mereka.katakanlah,''tunjukkan bukti kebenaranmu jika kamu orang yang benar.''
بَلَى مَن اَسلَمَ وَجهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحسِنٌ فَلَهُ اَجرُهُ  عِندَرَبِّهِ وَلاَخَوفٌ عَلَيهِم وَلآهُم يَحزَنُونَ
(112)tidak! barang siapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada allah,dan dia berbuat baek,dia mendapat pahala disisi tuhannya dan tidak ada rasa takut kepada mereka dan mereka tidak bersedih hati.
وَقَالَتِ اليَهُودُ لَيسَتٍ النَّصَرَى عَلَى شَىءٍ وَّقَالَتٍ النَّصَرَ لَيسَتِ اليَهُودُ عَلَى شَىءٍوَّهُم يَتلُونَ الكِتَبَ كَذَلِكَ قَالَ الَّذِينَ لاَيَعلَمُونَ مِثلَ قَولِهِم فَااللَّهُ يَحكُمُ بَينَهُم يَومَ القِيَمَةِ فِيمَاكَانُوا فِيهِ يَختَلِفُونَ
(113) dan orang yahudi berkata,''orang nasrani itu tidak memiliki sesuatu (pegangan) ,''  dan orang-orang nasrani (juga) berkata,''orang-orang  yahudi tidak memiliki sesuatu (pegangan),''padahal mereka membaca kitab.demikian pula orang-orang yang tidak berilmu,berkata seperti ucapan mereka itu.maka allah akan mengadili mereka pada hari kiamat tentang apa yang mereka perselisihkan.
وَمَن اَظلَمَ مِمَّن مَّنَعَ مَسَجِدَ اللَّهِ اَن يُّذكَرَفِيهَااسمُهُ وَسَعَى فِي خَرَابِهَا اُولَئِكَ مَاكَانَ لَهُم اَن يَد خُلُواهَآ اِلاَّخَآئِفِينَ لَهُم فِى الدُّنيَا خِزىٌ وَّلَهُم فِى الآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ
(114)dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang melarang di dalam mesjid-mesjid allahuntuk menyebut namanya,dan berusaha merobohkannya? mereka itu tidak pantas memasukinya kecuali dengan rasa takut (kepada allah).mereka mendapat kehinaan didunia dan di akherat mendapat azap yang berat.
وَلِلَّهِ المَشرِقُ وَالمَغرِبُ فَاَينَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجهُ اللَّهِ اِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
(115) dan milik allah timur dan barat.kemanapun kamu menghadap di sanalah wajah allah.sungguh,allah mahaluas,maha mengetahui.
وَقَالُوااتَّخَذَاللَّهُ وَلَدً سُبحَنَهُ بَل لَّهُ مَافِى السَّمَوَتِ وَالآرضِ كُلُّ لَّهُ قَنِتُونَ
(116) dan mereka berkata,'' allah mempunyai anak.''maha suci allah,bahkan miliknyalah apa yang dilangit dan di bumi.semua tunduk kepadanya.
بَدِيعُ السَّمَوَتِ وَالآرضِ وَاِذَقَضَى اَمرًافَاِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ
(117) (allah) pencipta langit dan bumi.apa bila dia hendak menetapkan sesuatu,dia hanya berkata kepadanya,''jadilah!''maka jadilah sesuatu itu.
وَقَالَ الَّذِينَ لاَيَعلَمُونَ لَولاَ يُكَلِّمُنَااللَّهُ اَوتَأتِينَآ آيَةٌ كَذَلِكَ قَالَ الَّذِينَ مِن قَبلِهِم مِّثلَ قَولِهِم تَشَابَهَت قُلُوبُهُم قَدبَيَّنَّاالآيَتِ لِقَومٍ يُّوقِنُونَ
(118)dan orang-orang yang tidak mengetahui berkata,''mengapa allah tidak berbicara dengan kita atau datang tanda-tanda (kekuasannya) kepada kita?'' demikian pula orang-orang yang sebelum merekatelah berkata seperti ucapan mereka itu.hati mereka serupa.sesungguhnya telah kami jelaskan tanda-tanda (kekuasaan kami) kepada orang-orang yang yakin.
اِنَّااَرسَلنَكَ بِالحَقِّ بَشِيرًاوَّنَذِيرًا وَّلاَ تُسئَلُ عَن اَصحَبِ الجَحِيمِ
(119)sungguh,kami telah mengutusmu (muhammad) dengan kebenaran,sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. dan engkau tidak akan di minta( pertanggungjawaban)tentang penghuni-penghuni neraka.
وَلَن تَرضَى عَنكَ اليَهُودُ وَلاَالنَّصَرَ حَتَّى تَتَّبِعُ مِلَّتَهُم قُل اِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَالهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعتَ اَهوَآءَهُم بَعدَالَّذِى جَآءَكَ مِنَ العِلمِ مَالَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَّلِيٍّ وَّلاَنَصِيرٍ
(120) dan orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan rela kepadamu (muhammad)  sebelum engkau mengikuti agama mereka.katakanlah,''sesungguhnya petunjuk allah itulah petunjuk (yang sebenarnya) .''dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu,tidak akan ada bagimu pelindung dan penolong dari allah.

Copyright @ 2013 zeinblogger.